Jumat, 09 Desember 2016

Tips Memahami Notasi Cepat

Not merupakan singkatan dari notasi. Notasi adalah penggambaran tertulis dari music dengan pitch (tinggi rendah nada) tertentu.

Notasi ada dua macam. Not angka dan not balok. Not angka sesuai namanya ditulis dengan lambang angka-angka.

Not balok ditulis dengan bulatan-bulatan di sekumpulan 5 garis dan 4 spasi yang biasa disebut “Garis Paranada” sedangkan dalam istilah music biasa disebut dengan “Staff”.

Dalam penulisannya nati, angka di samping staff tidak ditulis yak, itu hanya sebagai tanda bahwa garis dan spasi dihitung dari bawah.

Di setiap awal staff selalu ditulis tanda kunci, dalam istilah music disebut “Clef”. Tanda kunci atau clef ada 3 macam, yaitu G, F dan C. Tanda kunci G disebut “Treble Clef”. Tanda kunci F disebut “Bass Clef”. Dan tanda kunci C disebut “Tenor”. Namun yang lazim digunakan hanya G dan F.

Treble Clef:

Bass Clef:

Di partitur piano, digunakan gabungan dari keduanya, Treble clef dan Bass clef dan disebut Grand Staff.



Ada yang menyebut bahwa treble untuk tangan kanan dan bass untuk tangan kiri pada permainan piano. Dan itu SALAH kaprah.

Untuk penulisan sendiri, seperti berikut:

Penulisan notasi dari C ke C lagi, letaknya sudah mutlak, jadi ketika G ditulis di staff treble, terletak di garis ke 2. JIka ditulis di grand staff kira-kira seperti ini:

Kalo kita lihat, penulisan C dan E yang paling kiri tertulis di luar garis. Untuk penulisan di luar garis dapat digunakan “Garis Bantu” atau “Leger Line”. Garis bantu dapat digunakan 3-5 garis sesuai kebutuhan.

Dalam music modern, dikenal sejumlah not yaitu, C, D, E, F, G, A, B, C. Urutan dari C ke C lagi disebut 1 Octave.

Oya sampe lupa, sebelum kebablasen, kita kenalan dulu deh sama not balok.



Untuk not-not yang memiliki bendera dapat digabungkan.



Yosh! Sekian dulu pembahasan kali ini. Besok kita belajar lagi

0 komentar:

Posting Komentar

► Recommended

CHORD GITAR ADISTA - TAK BISA TANPAMU

Intro : C F C G   C kau yang membuat hatiku      G menjadi tak menentu memikirkan dirimu  Dm aku yang tlah terpikat hati       C ...