Senin, 20 Maret 2017

Dasar Bermain Piano Untuk Pemula


Teknik-teknik dasar belajar piano cukup rumit. Teknik-teknik dasar bermain piano disini mencakup pemahaman not angka atau not balok seperti saat kita belajar solmisasi (do, re, mi, fa, sol..dst) juga pemahaman tentang c = do atau d = do, dan sebagainya. Pemahaman ini harus dikuasai untuk mempermudah penguasaan teknik bermain piano tahap berikutnya.

Jika pola not angka atau not balok telah kita kuasai dan kita kembangkan, maka kita bisa melangkah pada latihan berikutnya yaitu Fingering, Touching, Rhythm/Tempo, Harmony, dan Reading. Berikut ini penjelasannya:

Fingering

Fingering adalah teknik penempatan posisi jari yang benar pada tuts-tuts piano. khusus bagi pemula teknik ini penting sekaligus sebagai tahap awal pneguasaan tangga nada serta cadence.

Touching

Teknik Touching bertujuan untuk memahami interpretasi dalam bermain musik khususnya piano. Pengertiannya, bermain piano tidak hanya sekedar bermain musik namun musik sendiri yang harus keluar dari ‘rasa’ kita. Dengan teknik Touching kita akan tahu kapan harus bermain cepat atau lambat, keras atau lembut, putus atau nyambung, dengan tekanan atau tanpa tekanan. Intinya disini harus ada keseimbangan dinamika, feeling, serta ekspresi.

Rhythm dan Tempo

Rhythm dan tempo adalah teknik penyesuaian nada-nada piano dengan alat musik lain seperti gitar, bass, drum, percussion, dan lain-lain. Intinya pada teknik ini kita harus mengetahui not dan ketukan (rhythm pattern) sehingga ada groove atau soul dalam bermain musik. Jika rhythm dan tempo telah dikuasai maka hanya ada satu “nyawa” dalam satu band yang terdiri dari beragam alat musik.

Harmony

Teknik Harmony mencakup chord progression dan voicing and accompaniment, bertujuan untuk memperkaya pengetahuan kita dalam mengembangkan chord yang kita gunakan pada sebuah lagu. Selain itu teknik ini sekaligus untuk mengembangkan bunyi dari hasil permainan chord. Intinya jika terjadi harmonisasi yang baik maka akan terciptka satu komposisi musik yang harmonis.

Reading

Teknik ini ditujukan untuk kita yang ingin belajar piano tapi belum begitu menguasai not balok dan juga combo partitur. Dengan teknik ini diharapkan kita bisa membaca partitur not balok (combo part), sekaligus mengenal kunci G (treble clef) serta kunci F (bass clef).

0 komentar:

Posting Komentar

► Recommended

CHORD GITAR ADISTA - TAK BISA TANPAMU

Intro : C F C G   C kau yang membuat hatiku      G menjadi tak menentu memikirkan dirimu  Dm aku yang tlah terpikat hati       C ...